Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Agar Bisa Diterima Oleh HRD!

Cara membuat surat lamaran kerja agar bisa diterima oleh HRD! Kalau kamu baru saja lulus dari bangku sekolah atau kuliah. Pastinya kamu ingin yang namanya bekerja di suatu perusahaan bukan? Nah sebelum melamar pekerjaan maka kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut. Sehingga kamu tidak merasa bingung nantinya.

Baca juga artikel penting lainnya di : https://andretron.com/

Dalam berkas lamaran kerja ada dua hal yang paling penting yaitu daftar riwayat hidup atau curriculum vitae serta surat lamaran kerja. Dimana hal ini bisa menentukan apakah kamu akan diterima di bagian pekerjaan yang kamu lamar atau tidak. Karena bisa saja kamu tidak dipilih oleh perusahaan hanya karena hal sepele. Sebenarnya ada beberapa cara mudah yang bisa disimak di sini!

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Melihat syarat pada lowongan kerja

Sebelum menulis surat lamaran kerja, maka kamu harus membaca terlebih dahulu seperti apa syaratnya. Karena dengan membaca syarat yang ditentukan maka bisa lebih mudah untuk mempelajari cara membuat surat lamaran kerja yang baik.

Gunakan bahasa yang baku

Terkadang dalam menulis curriculum vitae, sering kali ada beberapa kata yang tidak sesuai dengan ejaan Bahasa Indonesia. Sehingga, kalau kamu ingin menulis surat lamaran kerja yang baik, maka kamu harus menggunakan kata yang baku. Jika kamu tidak begitu paham tentang bahasa baku maka kamu bisa memeriksa kata – kata tersebut di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Tulis dengan jelas

Cara membuat surat lamaran kerja ini harus diperhatikan karena kalau kamu menulis berkas yang sangat panjang. Maka, HRD sudah pasti akan menolak lamaran kerjamu. Sehingga tulislah sebuah surat lamaran yang pendek tetapi berisikan hal yang penting. Hal ini ditujukan agar HRD tahu apa saja hal yang kamu tulis didalamnya.

Bagaimana Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Bisa Membuatmu Mudah Mendapatkan Pekerjaan?

Tulis surat lamaran kerja sesuai permintaan perusahaan

Terkadang dalam melamar pekerjaan ada beberapa perusahaan yang akan meminta kamu untuk menulis surat lamaran kerja secara manual. Biasanya perusahaan dengan karakter ini ingin mengetahui seperti apa tulisan tangan kamu. Karena tulisan tangan kamu bisa menentukan apakah kamu layak diterima atau tidak.

Tetapi tidak semua perusahaan memiliki permintaan seperti itu. Ada pula beberapa perusahaan yang biasanya meminta surat lamaran kerja digital. Nah, artikel ini diharapkan bisa membantu kamu untuk menulis surat lamaran kerja dengan baik. Sehingga kamu bisa diterima di perusahaan yang kamu sukai.

Gunakan data asli

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam membuat surat lamaran kerja yaitu data pribadi kamu. Contohnya seperti nama, alamat email, alamat tempat tinggal, nomor telepon dan umur. Sehingga dengan menulis sejujurnya maka perusahaan bisa menilai kamu nantinya. Bahkan hal ini bisa juga menjadi pertimbangan perusahaan dalam menerima calon pelamar.

Memeriksa kembali ejaan katanya

Dalam menulis surat lamaran kerja tentu kamu tidak akan tahu apakah ada kesalahan yang telah kamu lakukan atau tidak. Sehingga dalam hal ini kamu bisa memeriksa kembali kata demi katanya secara perlahan-lahan. Karena kalau ada kata yang salah ejaan maka kamu bisa langsung memperbaikinya. Dan jangan sampai mengulang beberapa kata.

Melampirkan beberapa dokumen pendukung

Dalam surat lamaran kerja, dokumen pendukung merupakan hal terakhir yang harus kamu persiapkan. Cara membuat surat lamaran kerja kali ini bisa kamu tulis langsung bagian dokumen pendukung pada nomor yang terakhir.

Disana kamu juga bisa memperlihatkan apa kelebihan yang ada di dalam dirimu. Sehingga kamu bisa lebih memilih kesempatan tinggi agar bisa diterima kerja.

Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik Menurut Perusahaan Itu Bagaimana?

Tulislah dengan rapi

Kerapian merupakan salah satu hal yang akan dinilai dari HRD, terutama bagi kamu yang menulis secara manual. Cara membuat surat lamaran kerja ini juga bisa membantu agar kamu diterima kerja.

Tetap ingat ada beberapa hal yang penting dimasukkan dalam surat lamaran kerja. Mulai dari yang pertama yaitu tempat dan tanggal penulisan surat. Ini biasanya berada pada bagian kanan atas. Kemudian Kepada Yth. Maka kamu bisa menuliskan nama lengkap beserta gelar dan jabatannya. Lalu jangan lupa masukkan salam pembuka.

Dan bisa menulis langsung dengan pembukaan, pada bagian bawah bisa isikan data diri kamu. Dimulai dari latar belakang, alamat, nomor telepon, email dan lainnya. Kemudian isikan kemampuan apa yang kamu miliki. Dengan memahami cara membuat surat lamaran kerja maka bisa membantu kamu dalam mendapatkan pekerjaan.

Kemudian isi penutup, sediakan lampiran dokumen kerja. Lalu yang terakhir adalah hormat saya sertakan pula tanda tangan beserta nama lengkap kamu. Dengan adanya beberapa cara membuat surat lamaran kerja di atas diharapkan banyak calon pencari kerja bisa berhasil diterima di pekerjaan yang diinginkan. Dan jangan lupa untuk mempersiapkan tes serta wawancara kerjanya.

Tinggalkan komentar