Ingin Mengenali Kelinci Hamil? Inilah Ciri kelinci Hamil dan Perubahan Fisik sampai Perilakunya!

Ingin Mengenali Kelinci Hamil? Inilah Ciri kelinci Hamil dan Perubahan Fisik sampai Perilakunya! Kelinci merupakan seekor hewan lucu yang sering dipelihara oleh banyak orang.

Hewan ini sering dianggap sebagai peliharaan yang produktif. Hal tersebut dikarenakan kelinci bisa mengalami siklus melahirkan dalam satu tahun. Setiap kehamilannya, mampu melahirkan 3 – 15 ekor.

Ciri Kelinci Hamil

Sehingga, banyak yang memelihara kelinci dan memperjualbelikannya. Kabarnya, daging kelinci juga memiliki rasa yang enak. Tidak heran, jika terdapat beberapa olahan makanan yang menggunakan daging kelinci.

Dalam perkembangannya menjadi kelinci dewasa, pastinya ada masa kehamilan. Biasanya, masa kehamilan kelinci adalah sekitar 1 bulan. Biasanya, setelah 15 hari, kelinci bisa dikawinkan lagi. Hanya saja, akan lebih baik jika dikawinkan lagi ketika anak-anaknya sudah tidak menyusu dan kondisi kesehatan induk sudah membaik. Nah, untuk bisa mengetahui ciri kelinci hamil, Anda bisa mengamati bentuk fisik atau perilakunya.

Bagaimana Ciri Kelinci Hamil?

Fisik merupakan hal paling mudah untuk diamati ketika kelinci sedang hamil. Adapun beberapa ciri fisiknya adalah sebagai berikut :

Terasa Ada Benjolan di Bagian Perut

Ketika masa kehamilan kelinci masih muda, maka untuk mengetahui ciri kehamilannya adalah dengan meraba bagian perut. Jika kelinci memang hamil, maka ciri kelinci hamil muda adalah terasa ada benjolan di bagian perut. Biasanya, perabaan ini dilakukan dengan sangat hati-hati, atau langsung ditangani oleh dokter hewan.

Perut Terlihat Membuncit

Ciri selanjutnya adalah perut dari kelinci membuncit. Biasanya, perut akan mulai membuncit ketika usia kehamilan sudah memasuki minggu ke-2. Anda bisa langsung melihat perubahan fisik ini, karena memang perut kelinci akan tampak lebih besar.

Mulut dan Berwarna Merah

Ciri fisik kelinci hamil yang selanjutnya adalah mulut terlihat berwarna kemerahan dari biasanya. Biasanya, semakin besar usia kehamilan, maka mulut hewan ini akan terlihat semakin merah. Hal ini juga terjadi pada hidungnya.

Baca juga artikel tentang resep kopi janji jiwa buat kamu yang suka berkreasi di rumah.

Apa Ciri Lainnya dari Kelinci yang Sedang dalam Masa Kehamilan?

Selain dari perubahan fisik, untuk mengetahui kelinci sedang hamil juga bisa dilihat dari perilakunya. Adapun beberapa ciri tersebut adalah sebagai berikut:

Lebih Agresif dan Galak

Perilaku kelinci agresif dan galak bisa menjadi ciri kelinci hamil. Ketika kelinci mulai bersikap demikian, maka Anda harus berhati-hati. Bisa saja, Anda menjadi sasaran cakar dari si kelinci, jika merasa terganggu dan takut. Selain kepada manusia, sikap ini juga diperlihatkan kepada kelinci jantan.

Mudah Merasa Lapar dan Nafsu Makan Meningkat

Ciri selanjutnya adalah kelinci jadi mudah merasa lapar. Hal ini dikarenakan sudah ada janin di dalam perutnya yang memerlukan nutrisi lebih banyak. Selain itu, nafsu makannya pun akan meningkat.

Oleh karenanya, Anda harus memperhatikan asupan yang akan diberikan. Jangan hanya memikirkan kuantitas dari makanannya, tapi juga dari kualitasnya.

Minum Lebih Banyak

Selain makan lebih banyak, kelinci yang sedang hamil juga memiliki porsi minum yang lebih banyak. Oleh sebab itu, Anda harus menyediakan minum yang cukup untuk kelinci. Jangan sampai kelinci kekurangan air minum, karena akan mempengaruhi janinnya.

Mengorek-ngorek Kandang

Ciri terakhir adalah kelinci mulai mengorek-ngorek kandangnya. Biasanya hal ini dilakukan ketika usia kehamilan kelinci sudah mendekati masa kelahiran. Hal ini dilakukan sebagai bentuk naluri alami dari kelinci untuk mempersiapkan tempat melahirkan yang nyaman.

Nah, itulah beberapa ciri kelinci hamil yang bisa diketahui. Ciri tersebut bisa dilihat dari fisik atau perilaku kelinci itu sendiri.

Tinggalkan komentar